Minggu, 08 Januari 2017

Sky Line

Sky Line
Ada yang belum tahu Kuningan – Jawa Barat? Atau, ada yang sering mendengar, namun tidak tahu di mana sebenarnya Kota Kuningan berada?
Sebagai gambaran nya kabupaten Kuningan adalah salah satu kabupaten yang berada di wilayah provinsi Jawa Barat, dengan ibukotanya di Kuningan. Topografi kabupaten Kuningan berupa dataran rendah di bagian timur dan pegunungan di bagian barat dengan puncaknya Gunung Ciremai (3.076 mdpl) di perbatasan kabupaten majalengka.
Gunung ciremai merupakan tempat wisata di kuningan sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat. Letaknya berada di 3 kabupaten, yakni kabupaten Kuningan, kabupaten Majalengka dan kabupaten Cirebon.






Namun sangat di sayangkan Kuningan minim destinasi wisata yang kuat. Minimnya destinasi wisata ini akan menjadi masalah jika daerah hanya mampu menggenjot branding, namun mengabaikan produk wisatanya. Maka di perlukan pembangunan proyek yang mampu menarik daya saing wisatwan contoh nya kereta gantung megah kawasan taman nasional gunung Ciremai. Kereta gantung ini jika benar-benar terealisasi, sangat luar biasa. Kuningan akan jadi ibu kota destinasi tourism. Saya berpikir positif semoga ini benar-benar terealisasi.
Konsep pembangunan proyek Kereta gantung megah atau sky line


proyek ini bakal menjadi satu-satunya objek wisata termegah di Jawa Barat.
Jenis kereta gantung yang di gunakan adalah Kereta Gantung Funitel (Double Loop Monocable Gondola) Kereta gantung funitel (Double Loop Monocable Gondola) menggunakan dua kabel yang berputar secara terus-menerus. Sistem ini lebih stabil terhadap terpaan angin kencang yang sangat ekstrem hingga 100 km/jam. Bentuk fisik kereta gantung jenis funitel dapat dilihat pada Gambar 2.2 di bawah ini:


Kecepatan kereta gantung jenis ini mampu mencapai kecepatan hingga 7 m/det dengan kabin lebih besar yang dapat memuat 30 penumpang dan kabin dengan tipe khusus dapat berputar 3600, sehingga penumpang dapat menikmati pemandangan ke segala arah. Sistem ini dapat dipergunakan pada bentang yang panjang hingga 1000 m. Kapasitas muatan maksimum yang dapat diangkut dengan kereta gantung jenis, yaitu 5000 penumpang per jam.
Kereta Gantung ini akan di bangun di atas Taman Nasional Gunung ciremai bukan di lereng gunung ciremai sehingga daerah dinilai aman dari letusan gunung ciremai ini.Kereta gantung dari atas taman nasional gunung ciremai itu nanti wisatawan dibawa masuk ke kawasan tinggal kera dan cagar alam sangat menarik.
Alasan pembuatan Kereta Gantung
1. Dengan tujuan pariwisata Kuningan mampu mengalahkan objek wisata daerah lain
2. wisatawan dapat melihat pemandangan puncak Gunung Ciremai dari ketinggian.
3. rencana pembangunan kereta gantung di kawasan TNGC ini bertujuan agar masyarakat dapat menikmati keanekaragaman hayati dan cagar alam yang ada di sana. Itu juga dimaksudkan untuk mencegah dan tidak merusak ekosistem.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar